Saturday, January 26, 2019

Kawasan Curug Ciputri, Gunung Salak


Salak lagi? Serius? Kemarin bukannya udah? Begitulah kira-kira pertanyaan yang saya dapatkan ketika beberapa teman menanyakan kemana saya minggu ini. Yap, Salak. Gunung yang tidak pernah berhenti memberikan kejutan karena memang sebagus itu.

Berangkat Sabtu malam dari Jakarta, sampai sekitar tengah malam. Seharusnya saya berangkat hari jumat, namun karena satu dan lain hal jadinya berangkat hari sabtu malam. Kali ini saya kembali mendatangi saung abah olot di kawasan curug ciputri. Seperti biasa kedatangan kami disana di sambut oleh Dadan, salah satu pemuda local sana yang sudah terbiasa mengantar tamu disana. Kedatangan kali ini juga sebenernya sekaligus survey tempat pendidikan untuk mapala suami saya.


Jam 1 malam setelah istirahat sebentar di saung abah kami berlima melanjutkan perjalanan untuk survey, lokasi yang dipilih adalah wilayah Pasir Manggis untuk pos pendidikan. Naik sekitar 5-10 menit dengan track yang langsung menanjak cukup membuat saya ngos-ngosal walaupun tanpa membawa perlengkapan, karena memang tujuan awalnya Cuma melihat kondisi tempat tersebut di malam hari. Ternyata lokasi yang dipilihkan Dadan memang sangat strategis dan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Plus disini bonusnya lumayan, karena kita melihat pemandangan kota di malam hari (city view). Setelah keliling sebentar kami memutuskan untuk turun.

Di hari kedua 2 orang tim mapala Faaiq dan Dadan melanjutkan survey, sedangkan saya dan Faaiq memutuskan untuk menunggu di Pasir Manggis lokasi suvey semalam, karena memang nanti pos terakhir ada di Pasir Manggis. Ada sedikit cerita ketika saya dan Faaiq naik lagi ke atas. Karena sebelumnya kami naik ke atas dalam kondisi gelap kami sempat bingung jalan mana yang kemarin kami pilih, nah saat kebingungan kami dihampiri oleh anjingnya Dadan dan membawa kami ke atas. Awalnya saya piker anjingnya Cuma mau ajak main, tapi ternyata dia benar-benar menunjukkan jalan kepada kami bahkan ketika saya istirahat anjingnyapun ikut berhenti. Sampai akhirnya setelah tiba dilokasi anjingnya pun masih menemani kami disana sambil minta diajak main.




Nah, kurang lebih beginilah view semalam, dari sisi kiri tampak puncak gunung salak tinggi menjulang. Di depan kami langsung menghadap ke jurang dengan view perkampungan penduduk yang semalam kami Lihat. Dibelakang masih hutan dan bukit yang sangat rapat. Tempat yang tepat untuk memasang hammock karena terdapat dua pohon yang jaraknya pas untuk pasang hammock. Saya rasanya rela menghabiskan waktu berjam-berjam disini hanya untuk menikmati suasana pegunungan yang masih sejuk dan adem. 

Buat teman-teman yang butuh guide dan ingin explore curug-curug yang ada disini bisa hubungi Dadan 085890420737 anaknya ramah dan baik hati. J

1 comment:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete