Sunday, November 20, 2016

Hutan Pinus Gunung Pancar

Belakangan, tempat-tempat outdoor menjadi pilihan para calon-calon pengantin untuk melakukan foto prewed. Salah satu tempat yang populer untuk melakukan photoshoot yang cukup terkenal dan cukup dekat dari Jakarta adalah Hutan Pinus Gunung Pancar yang terletak di Sentul, Bogor. Akses menuju hutan pinus ini tidak sulit, tempat ini terletak tidak begitu jauh dengan wahana Jungle land yang berada di Sentul. Petunjuk jalanpun ada dimana-mana. Untuk kondisi jalan sendiri masih belum terlalu bagus namun cukup bisa dilalui kendaraan roda 4.

Sebelumnya saya pernah trip ke daerah gunung pancar, yaitu pemandian air panas. Namun saat itu tidak sempat mampir di hutan pinusnya. Baru beberapa minggu yang lalu salah satu sahabat saya meminta saya dan Faaiq menemaninya melakukan foto prewed di daerah tersebut.


Tanggal 6 November berangkat subuh dari Jakarta, niatnya beberapa scene foto yang membutuhkan sinar matahari pagi yang belum terlalu terik. Namun karena beberapa hal kami baru sampai dan memulai foto di hutan pinus tersebut sekitar jam 10 siang.

Tempat ini memang cukup adem dan enak untuk mengisi liburan akhir pekan. Disini juga bisa mendirikan tenda untuk camping dan acara-acara lainnya.

Well, disini saya akan membahas beberapa hal yang menurut saya kurang enak dengan pengelolaan tempat ini.

Teman saya ini memang ingin konsep foto outdoor sehingga kami membawa property berupa tenda dan alat-alat outdoor lainnya. Saat mendirikan tenda dan memulai pemotretan kami dihampiri seorang satpam dan menanyakan apakah kami akan melakukan foto prewed. Teman saya menjawab iya. Dan satpampun menjelaskan untuk melakukan foto prewed disini dikenakan biaya. Setelah cek dan ricek di internet biayanya 1 hari foto shoot adalah Rp. 750.000,- What? Gila ini mahal menurut saya. Sayangnya, kalau memang diharuskan membayar segitu digapura menuju tempat tersebut seharusnya diberitahukan terlebih dahulu.







Tentu saja untuk membayar semahal itu hanya untuk beberapa scene foto menurut kami cukup mahal, akhirnya kami memutuskan untuk pindah tempat meski sudah sempat curi-curi foto beberapa kali. Ternyata setelah saya browsing di web gunung pancar ini ternyata memang tempatnya sudah di komersialkan oleh pengelola.

Berikut beberapa informasi yang saya dapat dari situs resmi gunung pancar tersebut.
Untuk tiket masuk dikenakan biaya:
Hari Kerja
Rp 5000 / Orang
Rp 10.000 / Mobil
Rp 5000 / Motor
Rp 100.000 / Warga Negara Asing

Hari Libur Akhir Pekan / Libur Nasional
Rp 7500 / Orang
Rp 15.000 / Mobil
Rp 7.500 / Motor
Rp 150.000 / Warga Negara Asing
  
Untuk Foto Prewedding : Rp 750.000 / Sesi ( Belum termasuk tiket masuk )

Untuk biaya camping dan biaya lain-lain bisa dilihat disini.

Nah, tipsnya biar tidak ketahuan sebaiknya untuk foto prewed disini dan tidak mau membayar lebih adalah usahakan tidak membawa property foto yang berlebihan sehingga hanya dianggap sebagai foto biasa. J

Pindah foto ke Kebun Raya Bogor





Finally, sengaja post di blog tanggal 21 November biar sekalian saya mengucapkan selamat menempuh hidup baru untuk sahabat saya Alfredo Ferdireza dengan Inge Pratama yang baru menikah kemarin tanggal 20 November 2016. Long last and stay awesome yah. FYI, Aldo ini yang mengenalkan saya dengan Faaiq karena mereka sudah berteman dari SMP sedangkan aldo adalah sahabat saya dari kuliah. Love Love J


Travelled at,
November 6, 2016



No comments:

Post a Comment