Tuesday, October 27, 2015

Tempat-tempat belanja di Korea Selatan

Sebagai wanita, belanja merupakan suatu kewajiban donk ya yang tidak boleh lupa jika mengunjungi suatu tempat. Dan Korea yang terkenal dengan produk kosmetik yang beragam tentu saja tak bisa terlewatkan. Well, dibawah ini saya akan share bebarapa pengalaman seru berbelaja di beberapa tempat yang terkenal buat belanja untuk para tourist yang mengunjungi Korea.

Found a cool place near Dongdaemun Shopping Complex

Dongdaemun shopping complex ini kalau di Indonesia kurang lebih seperti manga dua. Disini banyak terdapat mall-mall untuk belanja. Menurut tour leader local saya, disini terdapat sekitar 12 mall untuk belanja. Nah, saya dan rombongan diajak mengunjungi sebuah toko yang semua pelayannya bisa berbahasa Indonesia. Nama tokonya Arirang terdapat di lantai 6 Doosan Tower. Harga yang ditawarkan cukup murah. Disini bisa menemukan harga kaos 3 10.000 won atau sekitar Rp. 120.000,-. Doangdaemun ini buka jam 10 Pagi dan tutup sampai jam 5 pagi lagi.

Setelah cukup belanja saya memisahkan diri dari rombongan. Berkunjung ke Korea tentu saja kita harus mencicipi street foodnya. Street food disini enak sekali, namun harus hati-hati untuk para muslim karena mostly makanan Korea mengandung babi.

Then, setelah belanja dan mencicipi street food saya berkeliling untuk sekedar jalan santai menikmati kota Seoul di sore hari. Dan, unintentionally I found a cool place to enjoy “merekam senja” moment. Saya menemukan sebuah sungai di pinggir jalan namanya Cheongyechon Stream,sungai ini mengalir sampai ke istana Gyeongbokgung.

Setiap hari sesalu saja ada hal yang membuat saya kagum pada negara ini, karena di sungai ini terdapat jogging track. Satu lagi, semua sungai yang saya lihat di tengah kota, tidak satupun sampah bertebaran. Luar biasa bersih, dengan tata kota yang menakjubkan. This city is really much better than Jakarta.

Lost in Myeongdong Street

Myeongdong ini merupakan tempat belanja yang cukup luas. Disini kita bisa menemukan beragam produk, but mostly yang dijual disini adalah kosmetik. Bagi yang mau belanja kosmetik di Korea disarankan untuk ke Myeongdong. Selain harga yang ditawarkan cukup murah, disini produk yang dijual sangat bervariasi. Untuk food streed disini sangat banyak dan dijamin bakal puas. Untuk mall di Myeongdong tutup jam 10 sedangkan kaki limanya tutup jam 11 malam.

Nah disini saya punya pengalaman buruk. Saking asyiknya berkeliling di Myeongdong saya dan teman saya tidak sadar kalau kita sudah lost in track. Kita memang sengaja pisah dari rombongan dan memutuskan untuk balik ke hotel sendiri. Karena memang hotel tempat menginap memang tidak terlalu jauh dari Myeondong.

Setelah sekitar satu jam lebih mencari jalan keluar kamipun akhirnya menemukan tempat meeting point, atau tempat pertama pas masuk. Namun, masalahnya untuk menuju hotel harus naik taksi dan banyak sekali antrian. Akhirnya kami memutusan untuk jalan sedikit dan mencoba memberhentikan taksi, namun setiap taksi yang behenti tidak mau mengantar setelah memperlihatkan kartu nama hotel. Ada yang bilang jauh, dan beberapa memberi fare yang tidak masuk akal 10.000 Won sekitar Rp. 120.000,- padahal menurut tour leader local argo dari myeogdong ke hotel paling mahal Cuma 5.000 Won. Mau naik subwaypun sudah tutup. Setelah tanya sana sini akhirnya kami memutuskan untuk jalan kaki saja. Sepanjang jalan, selalu bertanya ke penduduk local yang kami temui bahkan ke polisi yang sedang patroli. Ada yang tidak tahu, ada yang bilang dekat tapi mostly menyarankan untuk naik taksi. Enaknya  mereka semua ramah-ramah dan feeling guilty karena tidak bisa membantu kami yang sudah kelelahan.  Sampai akhirnya kami meminta bantuan kesalah seorang penduduk local untuk membuka google maps. Dan ternyata hotel kami sudah dekat, and finally we made it to the hotel yang sepanjang jalan dipenuhi oleh orang-orang mabuk yang sudah tertidur di trotoar. Quiet creepy!

The Shilla Duty Free

Bagi yang ingin belanja namun malas mengurus tax refund untuk beberapa produk kena pajak di Bandara, mungkin The Shilla Duty Free merupakan salah satu pilihan yang cukup membantu. Disini kita bisa membeli produk free tax, jadi tidak perlu repot-repot lagi mengurus tax refund di bandara. The Shilla ini merupakan Hotel mewah yang terdapat mall buat shopping juga. Katanya para artis Korea biasanya suka menyelenggarakan wedding partynya di The Shilla hotel.

Red Pine, Gingseng Center dan Amethyst Show Case

Katanya orang Korea itu sehat-sehat dan panjang umur. Nah, 2 produk ini merupakan rekomendasi pemerintah Korea sebagai obat untuk kesehatan. Kalau Red Pine biasanya dipakai untuk Detox kalo gingseng tentu saja kita sudah banyak yang tau kalau negara Korea ini terkenal dengan Gingsengnya. Kedua produk ini merupakan bagian dari rangaian tour.

Kalau di Indonesia terkenal dengan batu akik, di Korea juga punya loh. Di Amethyst Show Case terletak disalah satu pusat perkantoran di Seoul, katanya sih ini seperti wall streetnya Korea. Harga untuk batunya beragam dan luar biasa mahal.

Note: di korea gampang sekali untuk internetan. Wifi gratis ada dimana-mana, dan Korea merupakan negara dengan akses internet tercepat di dunia. Luar Biasa.