Monday, July 11, 2016

Menatap Singkarak dari Puncak Gobah, Aripan

Ada yang berbeda dengan libur lebaran kali ini, kalau tahun lalu saya bisa extend libur sebulan pulang kampung sehingga tahun lalu saya bisa berkesempatan untuk naik gunung, camping di pulau, trip ke bukit-bukit namun kali ini saya hanya bisa libur di rumah seminggu. Ya, Cuma seminggu! Karena masih suasana lebaran, untuk pergi jauh-jauh saya terlalu malas karena sudah pasti semua tempat wisata penuh dan jalanan menuju kesana akan sangat macet, sehingga alternatif untuk mengisi liburan saya lebih memilih detinasi yang dekat.



Sabtu sore sayapun mengajak salah satu teman main di rumah untuk mengunjungi tempat wisata yang dekat-dekat saja karena sudah sore dan besoknya saya sudah harus balik ke Jakarta. Setelah mengumpulkan beberapa teman akhirnya saya, Boil, Rezi, Taufik dan Riko berangkat.

Aripan merupakan tempat yang tepat, lokasinya masih dekat dengan rumah saya. Disini sangat banyak terdapat tempat-tempat wisata yang sudah bagus dan dikelola oleh masyarakat setempat. Lokasi daerahnya sendiri terdapat di perbukitan dengan view Danau Singkarak. Salah satu tempat wisata tersebut adalah Puncak Gobah.



Puncak Gobah merupakan sebuah bukit dengan view Danau Singkarak dan sawah-sawah di bawah bukit tersebut. Tempat ini sudah dikelola dengan bagus oleh masyarakat setempat. Terdapat beberapa rumah pohon dan taman bunga serta warung-warung milik warga setempat.




Ada hal lain yang membuat saya tertarik datang kesana. Di plang menuju puncak tersebut terdapat 3 pilihan wisata. 
- Rumah Pohon
- Tempat Ziarah
- Wisata Paralayang










Dari ketiga tempat tersebut saya hanya sempat mengunjungi rumah pohon. Untuk main paralayang saya kurang berani karena ketika saya datang angin lumayan kencang. Niatnya setelah berfoto-foto di rumah pohon dan makan saya ingin mengunjungi tempat ziarah, namun waktu yang saya punya disana terbatas dan juga tiba-tiba hujan turun dengan derasnya sehingga saya tidak berkesempatan untuk mengunjungi tempat ziarah. Sebenarnya saya cukup penasaran seperti apa tempat ziarahnya, sayang sekali setelah browsing-browsing di internet saya tidak menemukan informasi apapun mengenai tempa ziarah tersebut. Cuma ada 1 artikel saja yang saya temukan tentang puncak gobah ini. Semoga untuk kedepannya makin banyak informasi tentang wisata-wisata di solok terutama dari teman-teman blogger yang berlokasi di Solok. Karena menurut saya, Solok merupakan salah satu destinasi wisata yang mempunyai ragam tempat-tempat bagus yang layak untuk dikunjungi.



Well, bonus kali ini setelah mengunjungi Puncak Gobah kami disambut oleh senja yang begitu indah. Tentu saja sebagai pemburu senja, momen merekam senja ini tidak akan saya lewatkan.




Thank You Boil, Rezi, Taufik and Riko for the one fine short trip.
Solok, 9 Juli 2016


2 comments: