Tuesday, September 22, 2015

Trip Dadakan ke Situ Gunung, Sukabumi

Lagi-lagi being impulsive membawa saya ke sebuah perjalanan yang tak terduga. Here is another unexpected journey. Berawal dari memanfaatkan jadwal kosong setelah pulang dari dinas luar kota saya mendadak ingin jalan-jalan. Pilihannya jatuh ke Situ Gunung, Sukabumi. Dengan modal nekat dan tanpa rencana berangkatlah saya dengan dua orang teman hari sabtu pagi dari Jakarta.



Ke Situ Gunung menggunakan kendaraan umum tidak sulit. Sekitar jam 10 pagi kami berangkat dengan kereta menuju Bogor. Rencananya kami ke Sukabumi menggunakan kereta local dari stasiun Paledang (persis seberang stasiun Bogor). And, karena kami berencana beli tiket on the spot ternyata sampai di stasiun Paledang tiket menuju Sukabumi SOLD OUT. Setelah tanya sana sini, alternatif lain adalah naik kol/elf dari terminal Baranangsiang, Ciawi. Sekitar 3 jam perjalanan.



Macet sepanjang jalan karena memang rute yang dilewati merupakan jalur satu-satunya menuju Sukabumi. Situ gunung ini persisnya terletak di daerah Cisaat, jadi kita turunnya di Pasar Cisaat tidak perlu sampai ke terminal Sukabumi. Sampai di Cisaat hari sudah pukul setengah 4 sore. Dari Pasar Cisaat tinggal naik angkot sekali warna merah dengan tujuan akhir situ gunung.

Petunjuk Jalan di Pasar Cisaat
Jam 5 sore sampailah di Pos masuk Situ Gunung disambut gerimis dan mati lampu. Tidak susah mencari penginapan disini. Banyak rumah warga sekitar yang menyediakan tempat untuk menginap dengan rate yang berbeda-beda.







Suasana desa yang sejuk serta sedikit hujan dan berkabut menambah indahnya tempat ini. kami memutuskan untuk ke Situ Gunung pas saat sunrise, karena menurut beberapa sumber sunrise di Situ Gunung cukup bagus. Jadilah malamnya istirahat sambil menikmati tee tubruk, khas Sukabumi.



Sunrise

Well, this is another unexpected thing happen. Jadi kami bangun subuh untuk mengejar sunrise. Dibutuhkan sekitar 30 menit (1km) jalan kaki dari pos masuk menuju Situ Gunung. Sesampainya disana, ternyata air danaunya sedang surut. Lumayan kecewa, namun justru moment tersebut bisa dimanfaatkan untuk turun ke danau dan foto-foto karena banyak terdapat spot yang bagus di sudut-sudut danau.







Sunrise






Selfie is Mandatory


Selanjutnya tracking menuju Curug Sawer setelah turun dan sarapan dulu di warung sekitar penginapan. Coming soon on my blog.

Cara dan Budget yang dibutuhkan untuk menuju Situ Gunung menggunakan transportasi umum

KRL Jakarta (Manggarai – Bogor) Rp. 7.000,-
St Bogor – Ciawi Rp. 4.000,- angkot 03
Elf Ciawi – Pasar Cisaat Rp. 25.000,- (Kalau naik kereta dari St Paledang harga tiketnya Eko Rp. 25.000, Eks Rp. 60.000)
Pasar Cisaat – Situgunug Rp. 7.000,- angkot merah.
Penginapan semalam Rp. 200.000,- Villa Ana (Bisa kontak Ibu Susi – 0852-1531-3003) atau kalau mau yang lebih bagus ada villa cemara dengan harga Rp.500.000,- per malam.

Semoga Bermanfaat J


Traveled at September 12, 2015 

11 comments:

  1. terimakasih infonya kak .. salam kenal ..
    kebetulan besok aku mau ke sini ..

    ReplyDelete
  2. terimakasih infonya kak .. salam kenal ..
    kebetulan besok aku mau ke sini ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hey indah terima kasih sudah mampir :)
      salam kenal juga..
      gimana tripnya?

      Delete
  3. kalau boleh info CP penginapan yg ada di situ gunung.
    Rencana sept ini mau kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penginapan semalam Rp. 200.000,- Villa Ana (Bisa kontak Ibu Susi – 0852-1531-3003) itu ada diketerangan di blog saya. kalo mau yang lebih bagus ada vila cemara persis di depan vila ana.

      Delete
  4. klo waktu kamu penginapan nya yg villa cemara atau ana?
    klo yg ana lumayan bagus gk ka villa nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas aku kesana nginepnya di vila ana, lumayan gede kamarnya ada 2 kasur. kalo cuma buat istirahat semalem doang sih bagus kok. kalo vila cemara itu aku juga liat, lumayan gede juga dan bagus di view sama agak lebih bersih dari vila ana. :)

      Delete
    2. Makasih kak atas infonya,
      sy jadi punya pilihan yang lebih baik menurut rekomendasi kakak

      visit blog aku juga ya kak

      Tempat Wisata Jawa Barat
      Info Hotel dan Destinasi Tempat Wisata
      Tips Kesehatan Dan Kecantikan

      Delete
  5. Makasih ulasannya, Kak. Rencana mau ke sana. Kalau di villa ana bisa masak gak kak? Soalnya baca2, di villa cemara ada daour umumnya. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di vila ana gabisa masak kak hehe soalnya cuma ada kamar aja :)

      Delete