Wednesday, December 21, 2016

Summit Gunung Gede 2958 MDPL, Perjalanan Turun Via Cibodas

Wake up in the misty morning! Kata-kata yang tepat untuk menggambarkan suasana Alun-Alun Barat Surya Kencana Pagi itu. Niat untuk sunrise di Puncak terpaksa harus diurungkan lagi karena lagi-lagi bangun kesiangan. Karena memang sebenarnya saya pribadi makin kesini naik gunung bukan lagi untuk mengejar sesuatu seperti sunrise.

Kalaupun mau menikmati moment tersebut hanya sesempatnya saja, tidak memaksakan. Yang penting proses perjalanan dan menikmati perjalanan itu sendiri tanpa terganggu oleh niat untuk mengejar sesuatu.

Jam 7 pagi kami bangun dan sarapan, makanan sudah dimasak malam sebelumnya setelah selesai mendirikan tenda. Setelah selesai packing lagi, kami segera melanjutkan perjalanan menuju puncak gunung gede jam setengah 10 pagi.

Dari alun-alun barat menuju puncak dibutuhkan waktu sekitar 30-45 menit. Tracknya tidak terlalu menanjak, diawal namun makin mendekati punjak tanjakan semakin berasa.

Unfortunately, karena kami memang datang saat musim hujan puncak gunungpun diselimuti kabut. Seharusnya view yang terlihat adalah kawah gunung gede dan puncak pangrango. Kabut cukup tebal pagi itu sehingga kami memutuskan untuk tidak berlama-lama disana dan turun melalului jalur Cibodas.

Kabut di 2958 MDPL

Puncak – Pos Kandang Badak 10.30 –12.30

Dari Puncak Gede, pos yang pertama kali dituju adalah kandang badak. Di pos inilah terdapat persimpangan menuju Gunung Pangango. Untuk menuju pos kandang badak dari puncak dibutuhkan waktu hampir 2 jam perjalanan dengan trak yang cukup terjal. Tentu saja jalur ini akan sangat sakit untuk mendaki. Sebelum pos kandang badak terdapat sebuah tanjakan yang dinamakan tanjakan setan. Saran saya sebaiknya menghindari jalan ini karna harus antri dan tanjakannya yang sangat terjal. Bagi para pendaki yang naik via cibodas disarankan untuk naik melalui jalur alternatif sebelum tanjakan tersebut ada plang yang bertuliskan jalur alternatif. Nah kalau untuk turun cukup ambil jalur sedikit ke kanan dari jalur normal, tapi pastikan untuk tidak terlalu jauh dari jalur normal. Track tersebut lumayan bercabang menusuri hutan dengan kemiringan yang sangat terjal. Di pos kandang badak ini terdapat toilet dan mushala, bagi para pendaki yang mau isi ulang air bisa diisi di pos ini.

Perjalann turun menuju kandang badak

Pos Kandang Badak – Pos Kandang Batu 14.00 – 14.30

Setelah shalat dan istirahat cukup lama di Kandang badak, kami melanjutkan perjalanan. Dari pos kandang badak menuju kandang batu hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Sebelum sampai di Kandang Batu terdapat satu air terjun namanya Panca Weuleuh. Di pos ini ada 1 shelter untuk beristirahat.

Air terjun Panca Weuleuh

Pos Kandang Batu – Air Panas 14.30-15.00

Dari kandang batu perjalanan dilanjutkan menuju Air Panas. Di Air panas ini jalurnya cukup ekstrim. Karena kita menusuri air panas dengan lebar sekitar 1 meter di sebelah kanan terdapat tali untuk pegangan, namun disisi kanan terdapat jurang yang dalam. Disini kita harus ekstra hati-hati dan harus konsentrasi karena uap air dan cipratan airnya sangat panas saat mengenai kulit.

Air Panas
 Air Panas – Panyancangan 15.00 – 17.00

Jalur Cibodas ini tidak seterjal jalur Gunung Putri. Jalurnyapun sudah berbatu, namun cukup boring untuk turun lewat jalur ini karena jalur yang berbelok-belok seperti tidak ada habisnya. Dan batu-batunya cukup sakit sehingga tidak bisa berlari turun melalui jalur ini. Dari Air Panas menuju pos panyancangan cukup memakan waktu karena berbelok-belok.

Jam 5 sore kami sampai di Panyancangan dengan kondisi fisik yang sudah mulai drop, di pos ini kami juga bertemu dengan pendaki lain, dan salah satu dari pendaki tersebut kena hipotermia sehingga harus di bawa turun menggunakan tandu.

Panyancangan – Basecamp 17.00 – 18.00

Perjalanan yang paling panjang menurut saya, karena dari panyancangan fisik saya semakin drop. Lutut kanan saya semakin sakit sehingga sangat sulit untuk melanjutkan perjalanan. Sepanjang perjalanan saya meringis kesakitan. Perjalanan yang seharusnya hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit namun saya berjalan turun selama 1 jam. Jam 18.00 akhirnya saya menginjakkan kaki di basecamp sambil terus bersyukur karena saya bisa sampai bawah lagi dengan selamat.

Untuk Budget, Transportation, Itinerary dan Pendartaran akan saya post di postingan berikutnya.