Saturday, August 12, 2017

Trip to (Akhirnya) Merbabu 3142 Via Chuntel – Selo – Part 3

Perjalanan Turun Via Selo

Jam 6 sore setelah puas berfoto-foto dan menikmati pemandangan di puncak kami turun menuju sabana 1 tempat camp selanjutnya. Kami turun Via Selo karena jalur tersebut memiliki view yang sangat luar biasa.

Saya sangat tidak merekomendasikan naik melalui jalur selo, karena tanjakannya luar biasa. Jalur ini sangat cocok untuk turun. Pernah ke sumbing via garung jalur lama? Pasti sangat familiar dengan engkol-enkolan. Nah jalur selo ini kurang lebih seperti itu, banyak sekali tanjakan seperti engkol-engkolan.

Saya kembali terpisah dari rombongan dan baru sampai di Sabana 1 sekitar jam 8 malam. Sayang sekali saya tidak bisa menikmati view di sabana 2 karena saat melewati sabana 2 sudah sangat gelap. Di sabana 1 merupakan tempat paling pas untuk mendirikan tenda, saran saya ambil bukit sebelah kiri jalur, memang anginnya luar biasa tapi dari sana kita bisa menikmati langsung di depan denda view sunrise dan sebelah kiri akan terlihat sabana 2 beserta puncak merbabu jika cuaca mengizinkan.
Lucky us, 2 malam di merbabu 2 kali juga kami disuguhkan view sunrise yang luar biasa mengagumkan. Menikmati hari terakhir di merbabu, sebelum akhirnya turun. i don’t know why, Merbabu left me some feeling that I couldn’t describe.  Merbabu, hadiah terindah tahun ini.

Sekitar jam setengah 11 kami semua turun menuju basecamp. Beruntung sekali perkiraan waktu turun lebih cepat dari biasnya. Di lembahan setelah turun dari sabana 1 terdapat persimpangan jalur turun. Jika ingin melewati jalur lama lurus terus menuju punggunan, sedangkan jalur baru langsung belok ke kiri. Nah kami turun melewati jalur baru. Jalur baru ini lumayan enak untuk turun karena jalurnya jelas tidak terlalu curan dan melewati hutan. Untuk naik melalui jalur ini lumayan enak dari base camp sampai dengan pos 2. Nah dari pos 2 ke puncak yang melewati sabana inilah jalur ini sangat sakit untuk naik. Jam 1 kami semua lengkap sampai basecamp dan kembali bersiap-siap menuju Jakarta.

I would like to thanks everyone for this trip, trip yang sangat-sangat luar biasa dan melebihi ekspektasi saya dengan suguhan-suguhan pemandangannya yang membuat saya tak henti-hentinya berucap syukur. Thanks to Faaiq (another journey at the high altitude), thanks to aldo, febby, mangku, tyo mellie, and another thanks to Rintus, Novel, Fajar.

Merbabu,
April 22, 2017
Detailed itinerary, estimation cost will be posted later.