Monday, July 22, 2019

Pendakian Santai Sindoro 3153 MDPL Via Kledung Part 1

Akhirnya berjodoh juga dengan Sindoro setelah drama tahun lalu Sindoro kebakaran saat semua persiapan pendakian sudah lengkap. Trip kali ini seperti biasa trip setahun sekali dengan geng Jalan-Jalan Bro. Namun kali ini ada 2 teman baru yang join pendakian kami. Welcome to the club Tiara dan Jae. 6 orang lainnya masih tim yang sama, gue, Faaiq, Dira, Tyo, Aldo dan Mellie.

Perjalanan di mulai setelah nyoblos di rumah masing-masing. Meeting point di kampung rambutan karena kami berangkat dan pulang menggunakan bus. Busnya? Naik pahala kencana lagi dong dengan supir yang sama saat pulang Prau dari wonosobo ke Jakarta, supir yang bikin gue istigfar sepanjang jalan. Setelah tunggu-tungguan gue dan 6 orang lainnya berangkat. Tiara nyusul ketemu langsung di basecamp karna rumahnya  di Magelang. Dari kampung rambutan berangkat sekitar jam 7 malam, entah karena apa busnya sempat berhenti di KM 19 lumayan lama. Sekitar jam 11 malam buspun kembali berhenti untuk makan malam. Menunya? Duh pengen nangis gue haha nasi sayur dan telor dadar segede spoon bedak gue. Setelah makan perjalananpun dilanjut. Jam 3.30 sampai di wonosobo, gila karena estimasi waktu sekitar 12 jam, ini Cuma sekitar 8 jam, itupun udah termasuk berhenti lama di KM 19 dan berhenti makan dulu. Ga ngerti lagi sama supirnya, gue tidur aja sepanjang jalan karna kalo gue bangun udah pasti bakal ketakutan.

Karna nyampenya kepagian kita bingung mau lanjut ke basecamp belum ada angkot atau bus ¾ yang biasa nganter ke basecamp2 gunung di wonosobo dan sekitarnya. Beruntung galama dapet tawaran dari supir bus pick up buat nganter ke BC Kledung bersama pendaki lain. Pengalaman pertama naik pick up tumpuk-tumpukan sama carrier dan pendaki. Tarif per orang cuma 15rb aja. Nah, kalo naik ini kita bisa request mau brenti dulu buat beli sayur buat solat subuh dll.

Kondisi pick up dengan tumpukan carrier

Perjalanan dari terminal mendolo menuju BC Kledung hanya memakan waktu sekitar 30 menit aja. Sampai basecamp masih terlalu pagi sehingga kami bisa repacking dan persiapan pendakian lainnya. Lokasi BC Kledung ini terletak di pinggir jalan dan persis di balai desa Kledung.

Basecamp – Pos 1 setengah pake ojek (20 Menit)

Setelah selesai regis dan memastikan semua perlengkapan sudah oke, pendakianpun dimulai. Jalur dari BC menuju pos 1 setengah didominasi oleh ladang penduduk sehingga masih bisa dilewatin ojek. Ojeknya super gokil karna bisa bonceng 3, gue kebagian bonceng 3 sama mellie. Berbeda dengan ojek sumbing yang harus duduk di depan, ojek sindoro kita tetap duduk di belakang. Dari BC k epos 1 setengah hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Gue saranin sih naik ojek karna lumayan mempersingkat waktu, kalo jalan kaki bisa butuh waktu sekitar 1-2 jam tergantung speed pendakian.

View gunung sumbing dari jalur ladang

Ojek cenglu :)

Pos 1 setengah – Pos 2 1 Jam

Setelah tunggu-tungguan dengan tim lain jam 10.06 WIB perjalanan dilanjut menuju pos 2. Jalur pendakian masih landai dan terdapat beberapa turunan sebagai bonus dan jalurnya masih tertutup karna masih dalam hutan. Seperti biasa rombongan pasti akan terbagi-bagi karena speed masing-masing berbeda. Kebetulan lagi long weekend pendakian ramai jadi masih aman jika terpisah dengan rombongan, yang penting masing pegang air, snack, dan obat-obatan pribadi (jika dibutuhkan). Gue kepisah berdua sama Dira ditengah, Aldo, Mellie, Tiara, dan Jae rombongan yang bawa tenda udah jalan duluan untuk ngetag lapak buat nenda. Sedangkan Faaiq sebagai sweaper dibelakang bareng Tyo. Jam 11.03 WIB gue sama Dira sampe di Pos 2. 1 jam perjalan dengan speed biasa aja.

Jalur menuju pos 2

Pos 2
Pos 2 – Pos 3 2 Jam

Nah jalur menuju pos 3 ini lumayan bikin bete sih. Jalurnya udah makin menanjak tanpa ampun, gada bonus sama sekali, bonusnya paling cuma tanjakan yang gak terlalu curam. Disini gue sama Dira lumayan capek sih, akhirnya kami mutusin buat makan dulu karna udh gemeteran.

Vegetasi jalur ini masih hutan tapi sesekali lahan terbuka. Jalurnya sendiri lumayan sakit karna bebatuan, jadi mesti hati-hati takutnya injakan batunya gak terlalu kuat. Dari pos 2 gue jalan jam 11.10 sampe pos 3 udah jam 13.17. Dan pas banget sampe pos3 gerimis karna kabut turun.

Pos 3

Pos 3 – Pos 4 20 menit

Setelah istirahat lama di Pos 3 gue sama Dira lanjut naik ke Sunrise Camp, tadinya mau nunggu tim belakang sampe dulu tapi kata pendaki lain nanggung mending nunggu di Sunrise Camp karna jaraknya deket. Emang sih deket pos 3 ke Sunrise Camp tapi jalurnya? Jangan tanya. Berdiri tegak kek tiang bendera.

Sunrise Camp

Sesuai target awal lokasi camp yang dipilih adalah sunrise camp. Lokasinya merupakan batas terakhir boleh mendirikan tenda untuk alasan keamanan, soalnya diatas lagi vegetasinya udah terbuka jadi sangat bahaya kalo mau camp lebih keatas.