Tuesday, July 23, 2019

Pendakian Santai Sindoro 3153 MDPL Via Kledung Part 2


Bangun jam setengah 5 subuh gue sama Faaiq langsung masak untuk persiapan summit. Wacana summit subuh-subuh berganti dengan sebangunnya, untung bangunnya gasiang-siang amat. Cuaca pagi itu mendung, lumayan bikin gemeter.



 
Sunrise Camp – Pos 4 Batu Tatah 2 Jam

Jam 06.11 WIB berangkat dari sunrise camp. Kabut masih turun, gak ada sunrise pagi itu. Seperti biasa rombongan terpecah lagi. Tapi kali ini gue jalan sama Faaiq. Sumpah ya, Sindoro ini bener-bener bikin mental drop. Awal perjalanan badan gue udah gaenak, dan gue sempet muntah di jalur. Baru jalan setengah jam gue udh nyerah gue bilang Faaiq gamau ikut muncak. Faaiq Cuma bilang “Yaudah, tapi kita samperin yang lain dulu yaa”. Disini gue udah nangis pengen turun. Untung Faaiq nenangin terus karna sebenernya bukan fisik gue yang ngedrop tapi mental gue. Sampe akhirnya gue duduk bentar minum tolak angin dan lanjut jalan. Tolak angin penyelamatku. 




Kabut masih turun, sesekali angin kenceng banget bikin makin drop. Akhirnya gue mutusin buat jalan terus, dan salampailah di Pos 4 Batu Tatah jam 08.13 WIB. 


Batu tatah 

Well, sebelum sampe pos batu tatah gue di PHP-in dulu sama satu tempat yang mirip banget batu tatah bener-bener bikin mental naik turun. Pas diliat nggak ada plangnya Disini fisik gue udah agak mulai oke lagi. Batu tatah ini keren banget, apalagi kabut sempet ilang pas gue sampe di Batu Tatah.



Sebelum batu tatah

Pos 4 Batu Tatah – Puncak 1,5 Jam

Setelah istirahat dan foto-foto sebentar di Batu Tatah, kita lanjut jalan menuju puncak. Kalo tadi mental gue drop karna anginnya luar biasa, kali ini yang bikin ngedrop lagi adalah di PHP-in puncak. Jadi sindoro ini kurang lebih kayak merbabu yang diatas puncak masih ada puncak, tapi sindoro versi ekstrimnya karna kurang lebih di PHP-in 5 sampe 6 kali sampe akhirnya ketemu puncak beneran.


View sepanjang jalur PHP








Beruntungnya selama perjalanan gak kena ujan, cuaca kadang cerah kadang berkabut. Untuk track puncak ini kadang tanah kadang batu sampe tanjakan terakhir sebelum puncak tanah berbatu dan kerikil, kemiringan udah gak terlalu curam. 

Puncak PHP
Puncak Sindoro 3153 MDPL 

Akhirnya sampai di puncak Sindoro, 3153 MDPL. Perasaan campur aduk, ganyangka bisa sampe juga. FYI, puncak sindoro ini masih sangat aktif diusahakan gaboleh lama-lama dipuncak karna bau belerangnya lumayan tajem. Saran juga kalau mau muncak sindoro jangan siang-siang karna saat siang belerangnya naik karna angin.







Perjalan turun dari puncak menuju sunrise camp lagi gak banyak motong waktu, karena jalurnya lumayan ekstrim untuk naik 3,5 jam turunnyapun cuma selisih setengah jam, apalagi pas ngelewatin jalur berbatu, gak bisa lari, bener-bener harus turun satu-satu. 

Sampai sunrisecamp lagi lanjut santai-santai lurusin kaki sambil masak air. Cuaca sore masih cerah, cukup cerah menikmati indahnya pemandangan gunung sumbing yang ada di seberang.
 
To be Continue :)

No comments:

Post a Comment