Thursday, October 10, 2019

Wonosobo - Kuningan - Jakarta, the longest road trip ever!!

Perjalanan ini merupakan perjalanan 3 provinsi dalam 2 hari semalam. Jadi ceritanya gue sama suami baru turun sindoro. Sengaja sih turun sindoronya duluan dari rombongan tim karena gue dan suami ngejar kondangan sahabat kita di Kuningan, Jawa Barat. (yang mau baca perjalanan ke Sindoro bisa cek di 3 posingan sebelum ini). Sampai di basecamp SIndoro sekitar jam 10 siang, kita langsung beres-beres tanpa mandi karna mikirnya ngeburu travel yang gue pesen jam 5 di terminal Purwokerto langsung antar alamat ke Kuningan. Gue udah mesen ini travel jauh hari. Jam 11 kita menuju terminal Wonosobo terlebih dahulu. Gampang banget dari basecamp Kledung ini cukup turun ke pinggir jalan di seberang basecamp langusng bisa dapet bus ¾ menuju Wonosobo. 11.30 Touch down terminal Wonosobo. Sampai disini perjalanan masih aman sentosa belum ada kendala apa-apa.

View hotel dengan background Ciremai, Kuningan

Setelah beli gorengan buat ganjel perut, kita langsung menaiki bus jurusan purwokerto. Estimasinya pada saat itu adalah sekitar jam 2 kita sampai disana. Namun karna bus ekonomi yang dimana-mana hobby ngetem, jadilah sampai diterminal Purwokerto jam 3 siang. Nah, disini gue sempet pengen cancel travel karna mikir mungkin kita bisa cari bus ke Cirebon dulu. Iseng lah nanya ke beberapa agen disana, ternyata ada bus yang berangkat setengah 4 tapi ekonomi, gue ragu soalnya perjalanan ke Cirebon lumayan jauh, rasanya gasanggup kalau naik ekonomi tanpa AC apa lagi kondisi badan masih rontok baru turun gunung. Saat itu bapak-bapak diterminal udah banyak ngingetin buat ambil aja karena lagi ada perbaikan jalan di Bumiayu dan itu macetnya pol-polan jadi estimasi perjalanan bisa 2 kali lipat dari normalnya. Tapi gue saat itu berasumsi, mending travel aja lah udah anter alamat sampe ke Hotel, nyaman pula-kan. Dan kita menolak dengan halus untuk ikut bus ini.

Jam setengah 4 bus akhirnya jalan. Gue sama suami nyari makan dan ke mushola untuk solat sambal istirahat menunggu travel. And the nightmare started. Jam 5 kurang kabar buruk datang dari orang travel, dikabarin mobil yang mau anter gue masih jauh jemput penumpang lain dulu, kemungkinan sampai terminal Purwokerto jam 8an malam. Kalo gue nunggu kemungkinan sampai Kuningan itu subuh,  dan gue takutnya nanti tipa-tiba molor lagi. Panik! Gue telpon abang gue yang tinggal di Purwokerto buat nganterin atau minimal cariin temennya yang punya rental. Tapi ternyata pada saat itu nggak ada mobil yang available. Akhirnya kita ke pool mobil Cirebon lagi, dan Alhamdulillah ada 1 bus AC yang katanya mau berangkat jam set 6. Naiklah kita tanpa gue sadari orang yang nyuruh naik adalah calo dan dia minta ongkos 75 ribu. Hampir set jam menunggu bus nggak jalan-jalan, penumpang Cuma 3 orang, tiba-tiba si calo tadi suruh kita turun pindah bus dan bilang pintu rusak. WTH. Rasanya pengen gue tending pintunya. Gue tau alasannya nurunin kita karna kita Cuma 3 orang, ditambah kondisi jalanan yang macet ya memang sih nggak akan nutupin bensin buat berangkat. Akhirnya kita turun dan pindah bus menuju TEGAL. Saat itu gue udah capek banget rasanya, tambah lagi bus Tegalnya juga non AC. Hampir kepikiran buat nyari bus ke Jakarta aja. Namun karna tetep nggak enak kalo nggak ke kondangan akhirnya kita memutuskan untuk tetep berangkat.

Sepanjang jalan macet luar biasa, ditambah lagi badan masih capek banget dan karna gue duduk di belakang, pintu kebuka anginnya luar biasa. Sekitar jam 10 malam sampailah gue di Tegal. Kita diturunkan di terminal dan di oper lagi ke Calo lain HIKS. Disini ada drama dikit jadi kan tadi kita bertiga satunya lagi si ibu-ibu yang udah ditungguin ama suaminya. Suaminya di telpon marah-marah karna sampai tengah malam ko ibunya belum sampe, si ibu minta tolong ke gue jelasin ke suaminya kondisi kita tadi gimana eh malah gue yang di damprat, makin kesel. Galama abis itu si calo ngajak kita masuk ke dalam terminal dan tenyata untung masih ada bus Tegal – Cirebon AC jam 11 malam, akhirnya sampai juga di Cirebon jam 12 malam dan melanjutkan perjalanan pake Grab ke Kuningan sekitar setengah jam. Gue udah cape banget pengen cepet-cepet mandi dan tidur dan alhamdulillah sampai hotel jam setengah 1 pagi. Untung hotelnya masih baru jadi nyaman banget.

Paginya bangun langsung di sambut Ciremai yang ketutupan kabut. Untungnya view hotel yang lumayan bagus setidaknya ngebayar capek gue setelah perjalanan panjang naik turun bus jam 10 pagi sampai jam setengah 1 dini hari.

Selesai kondangan gue dan Faaiq langsung buru-buru balik ke Jakarta setelah shaat dzuhur. Sebenernya kami buru-buru ke Jakarta karna mau kondangan lagi ke Pamulang dan yang nikah adalah sepupu Faaiq. Asumsi kita saat itu sekitar jam 3 atau 4 sore udah di Jakarta. Dan ya manusia Cuma bisa berencana tapi bus lah yang menentukan haha

Saking buru-burunya kita langsung ambil bus yang pertama datang dan nggak ngeuh ternyata bus yang kita naiki itu tidak lewat tol. GILA BUS NYA LEWAT PANTURA. Sungguh perjalanan gue dari puncak gunung dengan ketinggian 3153 MDPL di Sindoro dan melewati 0 MDPL di pantura, bener-bener lewat pinggir pantai. Jalanan macet, kondisi bus empet-empetan, bocah di depan gue ngerokok gaputus-putus macam bus punya dia, ibu-ibu bawa karung tiduran di lantai bus depan kaki gue, belom lagi cuaca panas, pengamen maksa dan jalanan macet yang bikin bus Cuma ngesot doang. PAKET KOMPLIT! Perjalanan yang diestimasikan 3-4 jam berakhir 10 jam dan gue harus turun di Tol karna mau ambil motor dulu ke Bekasi dan kembali ke Cakung malam itu Juga

Detail Perjalanan!
Kledung – Wonosobo – 35 Menit
Wonosobo – Purwokerto – 3 Jam 30 Menit
Purwokerto - Tegal – 5 Jam
Tegal – Cirebon – 2 Jam
Cirebon – Kuningan – 35 Menit
Kuningan – Bekasi – 10 Jam
Bekasi – Cakung – 45 Menit

Total Perjalanan: 22 Jam 25 Menit, LUAR BIASA!!

Notes: Bagi yang notice gaya penulisan gue beberapa postingan terakhir berubah. Yes, I do. Gue lagi nyoba nulis gaya santai, selama 6 tahun ngeblog pake gaya Bahasa formal sekarang lagi nyoba santai aja. Mungkin gue lelah hehe