Sunday, December 29, 2019

Hampir nyasar di Gunung Salak


Trip ini sebenernya udah lama banget, weekend terakhir sebelum puasa lebih tepatnya. Namun karna gue nulisnya setelah beberapa bulan jadilah baru sempat di post sekarang.
Gunung Salak bener-bener udah jadi bagian hidup gue beberapa tahun belakangan, dalam setahun bisa beberapa kali kesana, namun trip kali ini gahanya main-main doang sekalian nemenin suami gue buat diksar ade-adenya di mapala kampusnya, dan lagi lokasinya di Gunung Salak.

Gue dan suami berangkat jumat malem pulang kantor, sampe mang koko udah aga lumayan malem, sekitar kam 10an. Nah, si mang iwan atau mantunya mang koko yang emang udah lama gantiin mang koko di warung waktu itu belum ada. Warungnya masih tutup, jadi gue sama suami selonjoran di luar warung sambal nunggu junior-junior suami gue yang beberapa juga udah jalan kesini.

Beruntungnya galama nunggu mang iwan dateng dan ngebuka warungnya, kita mutusin buat nunggu di dalem sambil ngopi karna diluar lumayan dingin. Eh malah ketiduran dan bangun udah subuh. Karna udah nanggung buat ke camp area kita mutusin buat pagi aja naik ke atas, jadi ga mampir ke camp area tapi langsung naik ke HM 75 lokasi diksar siang itu. 

Perjalanan di mulai, karna masih fresh galama udah sampe di HM 75. Gue berenti disana sekalian nunggu makan siang. Setelah makan baru dilanjutkan ke kawah ratu. Ke kawah ratu sebenernya bukan bagian dari acara diksar Cuma gue dan suami dan beberapa temen lainnya mutusin buat naik sekedar jalan-jalan. Emang dasar gunung salak cuacanya yang kayak cewek PMS tiba-tiba aja gitu setelah jalan setengah jam dari HM 75 menuju kawah ratu hujan langsung deres. Yang tadinya mau nikmatin jalan eh malah kena ujan.

Setelah drama hujan sampe lah kita di area kawah ratu dan itu udah sekitar jam 2 siang. Karna udah suasana mau puasa dikit banget yang naik keatas. Cuma ada 2 rombongan, rombongan gue sama rombongan mas-mas tiga orang doang. Mereka juga galama foto-foto dan langsung turun, means Cuma rombongan gue yang ada disana pada saat itu.


Karna emang udah sore banget belerang udah mulai naik, ditambah lagi mendung banget dan kabut juga mulai turun jadi walaupun masih setengah 3 suasananya udah gelap banget. 

 




Galama duduk nikmatin kabut tiba-tiba ada telpon dari bawah (FYI di Kawah Ratu sinyal lumayan kenceng) panitia diksar ngabarin kalau salah satu anggota diksar ada yang kesurupan. Tanpa pikir panjang kami buru-buru turun, jujur saat itu yang gue rasain lumayan bikin merinding dan deg-degan. Sebagai rombongan terakhir diatas ditaambah kabar ada yang kesurupan dan kabut juga makin turun gue cuma bisa istighfar sepanjang jalan. 

Hal yang ga terdugalainnya pun terjadi, lutut kiri gue yang emang sering kambuhan harus kambuh disaat yang ga tepat, saat gue lagi nurunin tebing menuju kawah mati lutut gue tiba-tiba bunyi dan sakit banget. Jangankan buat jalan, gue diemin aja ngilunya luar biasa. Akhirnya gue dan suami brenti dulu sedangkan yang lain ngelanjutin perjalanan menuju lokasi diksar. 

Gue takut banget saat itu, takut keburu gelap sebelum sampe HM 75 lagi tapi untungnya kita selalu prepare for the worst, jas ujan, headlamp dan logistic buat jaga-jaga lumayan lengkap di satu tas yang kita bawa. Sambil di papah gue jalan pelan-pelan, sampe akhirnya ketemu jalan setapak lagi ga memungkinkan buat gue di papah, suami langsung nyari kayu buat tongkat agar seenggaknya gue bisa nopang badan sendiri di bantu tongkat. Dari kawah ratu sampe HM 75 biasanya gue bisa lari saat turun namun karna kondisi kaki yang sakit banget gue Cuma bisa jalan pelan, belum lagi pikiran gue udah kemana-mana karna kita berdua jadi orang yang terakhir diatas saat itu.

Nah ada satu kejadian lagi yang lumayan bikin gue pengen nangis. Bagi yang udah sering ke kawah ratu pasti tau, antara HM 75 dan Cigamea itu ada satu jalur yang kita harus nyebrangin sungai kecil yang ada tapakannya, dan sekitaran sungai itu banyak tumbuhan kayak pandan berduri. Karna pada saat itu abis hujan sungainya melebar, jadi kita gabisa liat mana jalur yang bener. Berkali-kali kita nyoba nyebrang tapi ketemu jalan buntu. Gue udah panic tapi suami gue udah kenal banget daerah sana jadi dia tenang-tenang aja sambil mikir mana jalur yang bener. Yang gue takutin bukan apa-apa, gue Cuma takut disasarin karna fisik gue yang mulai lemah bikin mental gue ngedrop juga sedangkan saat itu bener-bener udah hampir gelap. Yang sering ke salak pasti tau lah gelapnya hutan di salak itu, siang aja gelap apalagi sore mau magrib, bener-bener udah kayak malem.

Galama akhirnya kita ketemu juga jalur yang bener dengan nyusurin sedikit sungai agak kebawah baru nemu pijakan yang awal. Gue sedikit lega tapi galama karna suami gue mendadak kebelet boker. Sumpah yaa di kondisi kayak gini pun simanusia satu ini tu gabisa nahan boker sama sekali. Mana kaki gue udah cape trus harus nungguin dia nyari lapak boker yang artinya gue sendirian di jalur. Yang gue lakuin saat itu cuma bisa istigfar. Akhirnya sampai juga di lokasi diksar yaitu HM 75. Lumayan chaos dikit tapi gakan gue ceritain detail karna menyangkut privasi. 

Saat gue sampai HM 75 udah hampir magrib dan gue mesti harus lanjut ke bawah dengan kondisi kaki masih sakit banget, mau gamau harus pelan-pelan, mau-gamau yaa ketemu gelap di jalan. Gue dan suami lanjut turun, kondisi salak saat itu udah semakin gelap, gue berusaha jalan secepet yang gue bisa dengan beban selalu di kaki kanan, yang gue pikirin saat itu cuma sampe bawah sebelum bener-bener gelap. Dan akhirnya sampai juga di bawah dengan selamat namun kondisi kaki kiri makin parah kaki kanan mulai ngilu karna hampir sepanjang jalan turun gue pake kaki kanan buat tumpuan.

Kegiatan diksar masih berlanjut sampai minggunya tapi cerita gue cukup sampe sini aja hehe kalo ditanya kapok ga? Enggak ahaha

No comments:

Post a Comment