Monday, September 14, 2015

Candi Gedong Songo, Semarang

Masih dalam rangkaian trip ke Semarang. Hari ke dua tempat yang kami kunjungi adalah Candi Gedong Songo. Yep, another historical places. Candi Gedong Songo terletak di lereng Gunung Ungaran, Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Sesuai dengan namanya Songo yang dalam Bahasa Indonesia berarti Sembilan, karena konon katanya terdapat Sembilan Candi di Komplek Candi Gedong Songo ini.


Untuk masuk ke Komplek Candi Gedong Songo dikenakan biaya Rp. 7.500,- per orang. Terdapat 5 komplek candi, yang per kompleknya terdiri dari 1-3 Candi. Nah lokasi ke 5 komplek Candi ini tidak terlalu berdekatan satu sama lain. Track ke-5 komplek candi ini adalah sekitar 4km. Untuk menikmatinya terdapat 2 pilihan, berkuda atau berjalan kaki. Tarif untuk naik kudapun beda-beda, tergantung kita ingin naik kuda sampai candi ke berapa. Saya dan rombongan memilih jalan kaki, karena lebih bebas menikmati pemandangan sambil foto-foto.


Komplek Candi Gedong Songo ini dikelola dengan baik, karena jarang sekali saya melihat sampah bertebaran. Pemandangan yang ditawarkanpun cukup indah, kita bisa melihat gunung ungara dari dekat. Suhu udara yang sejuk  membuat jalan kaki keliling komplek candipun terasa menyenangkan.

Komplek Candi Gedong 1




Komplek Candi Gedong 2



Komplek Candi Gedong 3



Menurut saya Komplek Candi Gedong 3 terletak di spot terbagus. Bangunannya juga lebih bagus dibandingkan candi-candi di komplek lainnya. Dari Komplek Candi Gedong 3 - Candi Gedong 4 terdapat sebuah kawah yang merupakan sumber air panas. Disinipun para pengunjung juga bisa berendam di kolam air panas yang ada di lereng Gunung Ungara.


Komplek Candi Gedong 4


Komplek Candi Gedong 5




Gunung Ungaran sebagai Background View



Karena Indonesia tidak hanya terkenal dengan alam yang indah namun juga keanekaragaman budaya. Wisata seperti ini harusnya mendapat perhatian dari pemerintah untuk menarik wisatawan baik lokal maupun manacanegara.

Traveled at August 16,2015
Semarang 





2 comments: