Friday, October 31, 2014

Seminggu di Balikpapan – Part 1

Setelah sebelumnya seminggu di Tarakan (Kalimantan Utara), untuk pertama kalinya saya benar-benar menginjakkan kaki di Pulau Kalimantan yang biasa disebut Borneo.  Seperti postingan sebelumnya, perjalanan ke Balikpapan juga merupakan perjalanan seminggu-seminggu di beberapa kota dalam rangka business trip.

Balikpapan merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi Kalimantan Timur. Perkembangan kota Balikpapan ini cukup maju, kelayakan sarana dan prasarana kota Balikpapan ini mengalahkan ibukota Kalimantan Timur sendiri yaitu Samarinda. Bahkan, bandara Sepinggan yang terletak di Balikpapan ini merupakan bandara Transit untuk pulau Kalimantan. Kota Balikpapan pun selalu menjadi langganan penghargaan Adipura setiap tahunnya.

Meski hanya seminggu di Balikpapan yaitu dari hari sabtu ke sabtu dipotong lima hari kerja, saya masih menyempatkan beberapa hari untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Balikpapan.

Setelah mendarat di Bandara Sepinggan, saya meminta untuk dicarikan hotel yang dekat dengan pantai atau tempat-tempat wisata pada klien saya. Beruntungnya di kota Balikpapan ini memang dipinggir laut, terdapat beberapa pantai yang memang dijadikan tempat wisata. Sekitar jam 3 sore sayapun menemukan hotel yang dekat dengan pantai yang terletak di daerah Klandasan yaitu City Hotel. Setelah istirahat sebentar saya memutuskan untuk jalan-jalan keluar sambil menunggu sunset.

Monumen Perjuangan Rakyat Balikpapan

Tempat pertama yang saya kunjungi adalah Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) yang tempatnya juga terletak di pinggir pantai. Pantainyapun dinamakan Pantai Monpera. Tempat ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari tempat saya menginap (Klandasan), namun karena cuaca yang agak terik saya memutuskan untuk naik angkot yang dikenakan tariff jauh-dekat Rp. 4.000,-.

Untuk memasuki tempat ini hanya dikenakan biaya Rp. 1.000,- per orang untuk pejalan kaki. Sangat murah. Karena saya datang pada hari sabtu, tempat ini cukup ramai. Rata-rata yang datang adalah keluarga-keluarga yang membawa anak-anak mereka untuk berlibur. Tempat yang memiliki sebuah tugu atau monument ini juga banyak dikunjungi oleh anak-anak sekolah.

Pantai Melawai

Setelah puas menikmati kerumunan orang di Monpera, saya memutuskan untuk mengunjungi tempat selanjutnya. Dengan berjalan kaki ke arah barat, saya menumukan sebuah tempat yang cukup menarik. Tempat ini disebut wisata kuliner pantai melawai. Tempat yang dipenuhi oleh pedagang-pedagang makanan ini cukup bagus untuk menunggu sunset.

Setelah memesan semangkuk es buah yang hanya seharga Rp. 10.000,- saya pun menunggu momen matahari tenggelam. Sunset kali ini cukup menarik, pantai Melawai yang cukup dekat dengan pelabuhan membuat view sunset ditambahi dengan background kapal-kapal besar yang berlayar.

Plaza Balikpapan & Pasar Klandasan

Hari ke-dua di Balikpapan saya habiskan dengan jalan-jalan lagi. Karena masih hari minggu, sebelum besoknya harus masuk kerja saya memutuskan untuk keluar hotel dari Pagi setelah sarapan. Tempat pertama yang saya datangi adalah Plaza Balikpapan. Seperti tempat-tempat belanja di kota-kota besar, Plaza Balikpapan termasuk salah satu tempat belanja yang cukup lengkap. Starbuck, Gramedia, dan beberapa junkfood juga ada disini.

Setelah bosan jalan-jalan di Plaza Balikpapan, selanjutnya adalah Pasar Klandasan, from modern to traditional. Pasar Klandasan ini terletak persis di depan hotel saya menginap. Dari Plaza Balikpapanpun tidak terlalu jauh. Hanya 10 menit jalan kaki. Seperti pasar tradisional lainnya, pasar ini menyediakan kebutuhan-kebutuhan pokok. Yang lebih menarik lagi, di bagian paling belakang pasar tersebut, terdapat beberapa tempat makan yang viewnya langsung ke Pantai. Tempat yang cukup bagus untuk menikmati semangkuk es buah (lagi) dengan atmosfir pantai.

Pantai Kemala & Sunset di Pondok Kelapa

Setelah puas menikmati makanan di Pasar Klandasan, saya melanjutkan perjalanan menuju Pantai Kemala, pantai yang terletak di antara Pantai Monpera dan Pantai Melawai ini cukup bagus. Saya memutuskan untuk berjalan kaki menyusuri pantai, dari Pantai Monpera menuju Pantai Kemala. Sepanjang pantai banyak orang-orang yang bermain disini. Ombak yang tidak terlalu besar cukup bagus untuk mandi di pinggir pantai. Dari atas juga disuguhkan orang-orang yang sedang parasailing di sepanjang pantai.

Sudah cukup sore untuk menunggu sunset, saya memutuskan untuk menunggu sunset di salah satu restoran di dekat pantai tersebut. Pondok Kelapa merupakan salah satu restoran yang menyediakan seafood sebagai menu utama.

Taman Bekapai

Masih belum puas dengan seharian jalan-jalan, malamnya saya memutuskan untuk mengunjungi taman Bekapai. Taman Bekapai ini juga tidak jauh dari hotel tempat saya menginap. Taman ini cukup terkenal di Kota Balikpapan. Karena kondisi baterai Hp dan Kamera saya sudah off, foto dibawah ini saya ambil dari google.

source by Google

Cukup memuaskan dalam dua hari saya bisa mengunjungi beberapa tempat di Kota Balikpapan. Wait for the next place in the next post J