Tuesday, August 11, 2015

Trip to Gunung Talang

Well, mendaki gunung buat saya dari dulu merupakan sebuah keinginan yang sangat sulit untuk diwujudkan. Selain kondisi fisik yang kurang mengizinkan, untuk mendapatkan izin orang tua juga tidak gampang. Namun, keinginan tersebut terwujud setahun yang lalu. Papandayan, merupakan gunung pertama yang saya daki. Selain track gunung tersebut yang memang bagus untuk pemula, lokasinya juga masih bisa terjangkau dari tempat saya di Jakarta.

Kali ini, mendaki bukan lagi sebuah keinginan yang ingin saya wujudkan namun sekarang beberapa gunung sudah masuk ke dalam Travel List saya sebagai tempat yang harus saya datangi termasuk Gunung Talang.

Gunung Talang merupakan sebuah gunung aktif yang terletak di daerah Kab. Solok Sumatera Barat. Dengan ketinggian 2597 MDPL gunung ini terlihat kokoh dengan view dari atas yang sangat memuaskan.

Dan akhirnya, tanggal 21-22 Juli 2015 sayapun menginjakkan kaki di salah satu gunung yang dari kecil hanya bisa saya tatap dari kejauhan.

Selasa pagi, sekitar pukul 11 saya dan 5 orang teman berkumpul di salah satu rumah teman saya untuk packing terakhir sebelum naik. Setelah merasa semua lengkap, jam 12 kamipun berangkat. Perjalanan dari rumah sekitar satu jam menuju posko pertama yang terdapat di daerah aia batumbuak. Cuaca cerahpun mengiringi perjalanan kami saat itu.

Hanya terdapat 2 posko selama pendakian dan terdapat 59 rambu sampai camping ground. Jarak posko pertama ke posko kedua hanya sekitar 20 menit. Namun tidak perlu khawatir, karena sepanjang track pendakian petunjuk arah ada di setiap tikungan sehingga memudahkan para pendaki untuk mengikuti jalur yang ada.

Track pendakian

View  sepanjang track pendakian

Untuk mendaki Gunung Talang, diperlukan fisik yang cukup fit. Track pendakian tidak terlalu ekstrim namun cukup curam untuk pemula. Untuk waktu tempuh adalah sekitar 4—5 jam tergantung kondisi fisik dan cuaca. Berhubung disaat kami mendaki cuaca cukup baik sekitar jam 5 sore kami sudah sampai di camping ground, berangkat jam 1 dari posko pertama.

Camping ground di Gunung Talang cukup luas, terdapat di bawah kawah. Sehingga bau belerang cukup kuat tercium disekitar camping ground. Dari camping ground masih dibutuhkan sekitar 1 jam lagi menuju puncak.

Fin

selfie is a must

Sunrise dari atas gunung memang memiliki keindahan tersendiri. As usual I called it golden sunrise.

Selain sunrise, dari atas kita bisa menyaksikan view tiga danau yaitu Danau Kembar (Danau Diatas dan Danau Dibawah) serta danau talang. Puncak Kerinci yang terkenal sebagai atap Sumatera juga terlihat dari kejauhan.

Edelweis

Masih dibutuhkan sekitar satu jam lagi untuk summit, namun karena kondisi fisik yang tidak mengizinkan saya hanya stay di camping ground menikmati siang.

Bersama pendaki lain dari Jambi

Track ke Puncak
Bye Gunung Talang, really hope to see you on another chance

Thanks to Gubuak Kopi (Albert dan Kojek), Danny, Asep, dan Tunggin untuk trip kali ini.

Gunung Talang, July 21-22, 2015

1. Alam ranah Minang memang indah dan keren bung !

2. Terima kasih sudah mampir d blog saya

iya nggak bakalan bosan traveling di sumbar. masih banyak tempat yang harus didatangi :)