Tuesday, August 25, 2015

Camping di Pulau Pamutusan

Libur lebaran sebulan benar-benar saya manfaatkan untuk traveling di tanah kelahiran saya, setelah Gunung, danau, tentu saja lokasi berikut yang harus di datangi adalah pulau. Sumatera Barat memang terkenal dengan kawasan yang dikelilingi banyak pulau-pulau kecil yang masih bagus dan tidak berpenghuni. Salah satunya adalah Pulau Pamutusan.



Pulau Pamutusan terletak di gugusan kepulauan pesisir bagian selatan Sumatera Barat. Untuk sampai kepulau ini dibutuhkan sekitar satu setangah jam jalan darat dari kota Padang yaitu ke Teluk Kabung atau Sungai Pisang. Dari sana harus menempuh sekitar setengah jam lagi menggunakan kapal kecil.







Kekayaan biota laut pulau ini juga tak perlu lagi dipertanyakan, perjalanan seharian untuk menuju Pulau Pamutusan terbayarkan dengan pemandangan yang sangat bagus. Pasir putih, laut biru, warna-warni terumbu karang, pulau-pulau kecil disekitar beserta perbukitan yang bisa kita naiki untuk menikmati pemandagan alam yang sangat cantik.





8-9 Agustus, tanggal yang saya pilih untuk jalan-jalan ke pulau ini. Untuk ke Pulau Pamutusan memang sebaiknya kita menginap karena tidak akan cukup sehari saja untuk menjelajahi pulau ini. Berbekal tenda dan perlengkapan seadanya saya dan 8 orang teman sayapun berangkat.










Sekitar jam 3 sore kami sudah sampai di Pulau Pamutusan. Setelah mendirikan tenda, tentu saja berenang menikmati pemandangan bawah laut sambil menunggu sunset menjadi pilihan mengisi kegiatan disana.



Sunset di Pulau Pamutusan



The top








Di Pulau Pamutusan juga terdapat dapur umum gratis yang bisa kita gunakan untuk memasak.

Berikut detail cost untuk ke Pulau Pamutusan

Biaya Kapal per orang biasanya sekitar 60rb per orang (bisa nego). Saya dan rombongan hanya membayar 500rb untuk 9org. Bisa menguhubungi bang rahmat 0822-8829-5322.

Biaya menginap atau untuk kebersihan 15rb per orang.

Biaya tersebut belum termasuk biaya sewa alat snorkeling, karena kami pergi sendiri tanpa menggunakan jasa tour.

Thank you Aber, Kojek, Edok, Anggun, Depi, Parabek, Oji, and Hamim. See you anoter trip ;)

Padang, August 8-9, 2015


2 comments:

  1. kereenn.. murah banget ya klo nggak pake jasa tour. tapi nggak dapat foto bawah air deh...
    kami kmren utk nginap semalam bayar 500org :(

    selanjutnya mungkin bisa di agendakan pergi sendiri aja...

    ReplyDelete
  2. Hey Risah terimakasih sudah mampir,

    Kamu pake jasa tour yah?

    Iya memang murah jatohnya kalo pergi sendiri, niatannya emang cuma buuat camping sih ga terlalu ngejar foto underwater.

    Keep walking, keep traveling :)

    ReplyDelete