Tuesday, May 17, 2016

Curhat random

Biar blog ini tidak terlalu sepi lebih baik saya membiasakan menulis lagi. Karena kalo mau update harus jalan-jalan dulu, sekarang kerjanya bukan auditor eksternal lagi tapi auditor internal jadi dinas diluar kotanya sudah ditiadakan.

Sesuai dengan judul curhat random kenapa? Ya isinya baca sampai kebawah biar tahu kenapa.

Okay, lets start the story!

Jadi saya punya penyakit bawaan dari kampung halaman, kampung saya itu di kaki gunung jadi sakitnya ya tak jauh-jauh lah dari flu, tapi flunya ini beda. Saya flu menahun atau bahasa kedokterannya Rhinosinusitis atau lebih dikenal dengan sinusitis saja. Saya mengidap sakit tersebut sudah dari jaman SMA. Selama kuliah jarang kambuh, karena saya kuliah di Cikarang yang udaranya luar biasa panas. Lulus kuliah kerja di Jakarta sih sama saja udaranyapun masih panas. Tapi belakangan sinus saya mulai meradang, karena efek cuaca yang kadang tak menentu dan udara yang sudah tidak bersih. Hampir empat bulan kambuh sembuh kambuh sembuh akhirnya saya memutuskan untuk kembali check up ke THT.

Saya memilih Rumah Sakit khusus THT yang berada di jalan Proklamasi. Tempatnya lumayan dekat dengan tempat tinggal saya.

Dari awal memang sudah prepare duit buat berobat karena saya tahu RSTHT ini lumayan mahal, namun ternyata biayanya lebih mahal dari perkiraan saya. Langsunglah jebol  gesek kartu kredit, rasanya pengen nangis skip bulan depan biar langsung THR-an.

Di ruangan Dokter pas diperiksa memang Dokternya bilang ada sinus, nah Dokter menyarankan untuk Rontgen agar lebih jelas. Singkatnya saya pun langsung ke bagian radiologi untuk melakukan pemotretan. Dan hasilnya ternyata, cairan-cairan itu sudah mengisi rongga pipi kiri pipi kanan hingga dahi kiri dan dahi kanan. Makanya saat kambuh saya sering sekali sakit kepala sampai lemas.

Well, dokter yang menangani saya cukup informatif. Dari segi ini saya setuju saja kalau biayanya mahal. Saya dikasih tahu beberapa hal yang “Do” or “Do Not” biar fase penyembuhannya berjalan lancar.

Berikut obat yang dikasih dari RSTHT tersebut:

1.       CEFSPAN (hasil googling sih obat ini berfungsi untuk penyembuhan infeksi yang diakibatkan oleh bakteri, salah satunya infeksi saluran pernafasan)
2.    RYVEL (dari hasil googling juga obat ini berfungsi untuk menghambat fase awal alergi , dan mengobati gejala seperti bersin-bersin, keluar cairan, hidung gatal, mata berair dan merah)
3.       RUPAFIN (tidak banyak informasi yang tersedia untuk obat yang satu ini, tapi sepertinya juga obat alergi)

Nah berikut biaya yang saya keluarkan untuk berobat kesana:
1.       Pemeriksaan Poli                               Rp.  225.000,-
2.       Administrasi                                      Rp.    30.000,-
3.       Kartu Pasien                                      Rp.    20.000,-
4.       Sinus Paranasal (Di rontgen)             Rp.   310.000,-
5.       Obat                                                   Rp.   602.100,-
Total                                                   Rp.1.187.100,-



Dari penjelasan dokter ada beberapa hal yang membuat saya sedih menyangkut pantangan-pantangan yang tidak boleh dilanggar. Dan hampir semuanya merupakan hal yang saya senangi.

1. Dilarang memelihara hewan berbulu
Sedih, karena saya merupakan pecinta kucing. Dirumah saya ada belasan kucing jadi nanti pas pulang lebaran tidak bisa kangen-kangenan sama kucing-kucing dirumah yang sudah hampir setahun saya tinggal.
Kucing Piaraan di Rumah







2   2.  Ngunyah es batu
Ini yang juga bikin sedih karena saya punya hoby aneh yaitu ngemil es batu. Nah dokter menyarankan saya harus menghindari yang dingin-dingin. Jangankan ngunyah es batu, minum air dinginpun sudah tidak diperbolehkan.

3   3. Kena air hujan
Have i told you that i’d love to do the random things? Salah satunya adalah main hujan. Sekarang sudah tidak boleh kena hujan, bahkan kena hujan sedikit sinus saya  langsung meradang.

4   4. Kalau bisa hindari tempat berudara dingin
Kalau yang satu ini membuat saya makin sedih, ya rumah saya di kaki gunung, udaranya masih dingin. Memang sih setiap kali pulang kampung pasti sinus saya langsung meradang. Tapi kebetulan sebelum ke dokter saya sempat naik gunung. Kambuh sinusnya Cuma di basecamp pas di gunungnya saya sehat walafiat, mungkin pengaruh faktor terlalu excited jadi sakitnya tidak dirasa-rasai. Walapun sebenarnya udara dipegunungan masih sangat bagus, saya juga harus menjaga badan agar tetap fit dengan rajin berolahraga.

Pemandangan di Rumah






5.Hindari tempat berdebu
Harus rajin sapu kamar, dan kamar harus selalu bersih. Fortunately, sekarang saya sudah bukan auditor eksternal yang kerjanya kadang harus physical sighting ke gudang-gudang klien yang dipenuhi debu, jadi ini masih bisa dihindari.

Point plusnya saya harus belajar mendisiplinkan diri dengan tidak melanggar aturan diatas, dokternya juga menyarankan saya harus rutin olah raga dan minum air putih yang banyak. Pelajaran yang saya ambil adalah sehat itu mahal. Sebenarnya tidak harus ke dokter, semoga saja setelah berobat dan beberapa terapi yang saya jalani sinusnya tidak lagi meradang.

Sekian curhat randomnya  J


No comments:

Post a Comment