Sunday, August 28, 2016

Situ Lembang Bandung, Si Cantik yang Misterius

Bandung, salah satu kota yang menjadi “rumah” buat saya. Berkali-kali ke Bandung, berbulan-bulan disana bahkan untuk urusan kerjapun tidak pernah sekalipun saya merasa bosan berada disana. Hampir setahun belakangan saya sudah tidak sempat lagi mengunjungi “rumah” saya tersebut. Hingga akhirnya minggu lalu saya menerima undangan dari salah satu sahabat saya untuk menghadiri pelantikannya yang telah lulus seleksi menjadi anggota Wanadri. 



Tempat pelantikannya berada di Situ Lembang, Bandung Barat. Nama tempatnya sama sekali tidak familier di telinga saya. Akhirnya saya browsing di internet dan ternyata benar, tempat tersebut memang ditutup untuk wisatawan karena Situ Lembang dijadikan tempat latihan oleh anggota Kopasus. Dari beberapa sumber yang saya baca, untuk wisatawan umum yang ingin mengunjungi tempat ini harus meminta izin terlebih dahulu ke markas tentara yang ada di Batujajar, Padalarang.


Tanpa pikir panjang sayapun berangkat dengan Faaiq dan dua orang teman saya. Kami berangkat dari Jakarta Sabtu tengah malam karena pelantikannya akan dilaksanakan pada hari minggu jam 9 pagi. Sekitar jam 4 subuh akhirnya kami sampai di lokasi, dan memutuskan istirahat sejenak.

Nah, menurut saya waktu yang tepat untuk mengunjungi situ gunung itu pagi-pagi karena danau tersebut masih berkabut sehingga menambah kesan mistisnya. Suasananya berbeda dengan danau-danau  lain yang pernah saya kunjungi, tempat ini begitu misterius. Mungkin karena memang susah untuk menuju tempat ini sehingga Situ Lembang selalu sepi dan bersih. 








Track menuju tempat inipun lumayan susah, karena melewati hutan pinus dengan jalur naik turun dan kondisi jalan yang rusak. Lokasi Situ Lembang ini terletak di daerah Bandung Barat, tepatnya di Sekitar Dusun Bambu. Dari Dusun bambu ada belokan ke Kanan dan cukup mengikuti jalur sampai atas sekitar 7KM.

Disekitar Situ Lembang ternyata juga ada tempat wisata Curug yang boleh dibuka untuk umum. Namun karena dikejar waktu, saya tidak sempat mampir ke tempat tersebut.


Berikut keindahan Situ Lembang yang sungguh sangat indah untuk dinikmati.









Bandung,
28 Agustus 2016

2 comments:

  1. Bisa masuk ke situ lembangnya kalo udah ijin ke kopasus di batu jajar?

    ReplyDelete
  2. menurut informasi sih gitu, karena memang tempat ini dipakai untuk lokasi latihan kopasus, jadi berbahaya kalau dibuka untuk umum misalnya kalo lagi ada latihan tembak.

    ReplyDelete