Sunday, November 11, 2018

Situs Arca Domas, Lembah Salak


Telat banget untuk posting perjalanan ke salak kali ini karena perjalananan kesana akhir tahun lalu. Namun saya merasa ada utang postingan dengan diri sendiri jadi yasudah akan tetap saya tuliskan disini. 


Berbicara tentang Gunung Salak memang tidak ada habisnya. Satu lagi tempat yang saya kunjungi (3 kali) yang pertama karena ada undangan mengisi acara salah satu komunitas Pecinta Alam di Jakarta. Nah yang kan saya bahas adalah perjalanan yang ke-2 kalinya kesana, karena perjalanan ke-3 pun sama untuk mengisi acara salah satu Komunitas Pecinta Alam Bekasi.

Perjalanan kesana beawal dari permintaan iseng saya ke Faaiq untuk ke Salak lagi. Bertepatan dengan acara nikahan salah satu temen kampus Faaiq di daerah sawangan, kamipun memutuskan untuk lanjut ke Salak setelah kondangan. Saya mengajak Dedi, Fadil dan Sugi temen kampus Faaiq dan kebetulan disana juga ada Bang Rakha (Rakha nama anaknya saya tidak tahu nama aslinya haha) salah satu teman mereka disana yang memiliki bisnis outdoor memutuskan untuk ikut kami malam itu juga.

Jam 10 malam berangkat dari Sawangan sampai di Tenjolaya sekitar jam 2. Rute kesana bisa diliat di postingan ini (Cuma beda 1 belokan) dengan Ciputri. Atau bisa di cari di Google Maps dengan keyword Arca Domas, Tenjolaya yang patokannya indomaret Tenjolaya.

Untuk Parkir kesana saya Parkir di warung sebelum belokan menuju situs. Tapi terkahir kali kesana sekitar bulan Juli lalu, saya parkir langsung menuju Situs, disana sekarang sudah tersedia parkir yang cukup luas. Jadi bisa langsung bawa motor kesana, untuk yang pakai mobil bisa parkir dirumah warga sekitar portal. Jarak dari jalan raya ke atas juga tidak begitu jauh sekitar 2-3 KM jadi untuk yang menggunakan kendaraan umum jangan khawatir karena jarak termpuh tidak begitu jauh dengan medan yang masih landai.







Jadi Situs Arca Domas ini yang dikenal dengan Situs Cibalay merupakan salah satu situs megalitikum, jaman manusia purba yang hidub sekitar 2000 tahun sebelum masehi. Kebayang dong setua apa situsnya. Mungkin untuk sebagian orang tempat ini biasa aja, tapi buat saya yang kadang menikmati sendiri trip yang ada sejarahnya saya merasa tempat ini adalah paket komplit. Selain situs bersejarah, di tempat ini juga ada camp area dan beberapa curug. Jadi akan sangat lengkap jika kalian kesini, belajar sejarah, kemping ceria sambil main air di curug. 





Setelah puas-puasin menikmati ademnya lembah salak dan bermain air waktunya pulang. Dan tidak lupa mampir di salah satu rumah makan favorit di jalan pulang, tepatnya di pertigaan Ciampea.



Till next Trip :)
Salak, Desember 2017

1 comment:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete